Monday, December 18, 2017

KONSEP TUMBUH KEMBANG

Tags

konsep tumbuh kembang yang dimulai sejak bayi hingga remaja

Pengertian Tumbuh Kembang
1. Pertumbuhan 
Pertumbuhan yaitu terjadi perubahan fisik yang ditandai dengan pertambahan ukuran sel.
Pertumbuhan merupakan suatu proses perubahan fisik (anatomi) yang ditandai bertambahnya ukuran berbagai organ tubuh yang disebabkan adanya pembesaran sel-sel tubuh.
2. Perkembangan 
Perkembangan merupakan berlangsungnya proses kematangan, proses menuju kedewasaan yang ditandai bertambahnya kemampuan/keterampilan dan fungsi tubuh yang berkaitan dengan aspek non fisik.

Tahapan Tumbuh Kembang
Menurut Usia
• Tahap pranatal : dari konsepsi hingga lahir
• Tahap bayi (infant): dari lahir hingga usia 12 bulan
• Tahap kanak-kanak awal (toddler): dari usia 1 – 3 tahun
• Tahap preschool: dari usia 3 – 6 tahun
• Tahap school: dari usia 6 – 12 tahun
• Tahap masa remaja: usia 12 – 18 tahun 

Pola Arah Perkembangan 
1. Pola Perkembangan Fisik Yang Terarah
a. Cephalocaudal : pola pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dari kepala yang ditandai dengan perubahan ukuran kepala yang lebih besar, kemudian berkembang kemampuan untuk menggerakkan lebih cepat dengan menggelengkan kepala dan dilanjutkan ke bagian ekstremitas bawah lengan ,tangan dan kaki
b. Proximaldistal : pola pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dengan menggerakkan anggota gerak yang paling dekat dengan pusat/sumbu tengah, seperti menggerakkan bahu dahulu baru kemudian jari-jari.
2. Pola Perkembangan Dari Umum Ke Khusus
Yaitu pola pertumbuhan dan perkembangan yang dimulai dengan menggerakkan daerah yang lebih umum (sederhana) dahulu baru kemudian daerah yang lebih kompleks. Misalnya melambaikan tangan kemudian memainkan jari.

Perkembangan Anak 
• Peningkatan fungsi-fungsi individu
1. sensorik (dengar, lihat, raba, rasa, cium) 
2. motorik (gerak kasar, halus)
3. kognitif (pengetahuan, kecerdasan)
4. komunikasi / berbahasa
5. emosi - sosial
6. kemandirian
7. kreativitas
8. kerjasama dan kepemimpinan
9. etika, budi pekerti, moral-spiritual

• Faktor Penentu Perkembangan Anak
1. internal : genetik + proses sejak kehamilan
2. eksternal : gizi, penyakit, kualitas pengasuh /keluarga, teman, sekolah

Pertumbuhan Dan Perkembangan Bayi

Pertumbuhan 
a. Tinggi badan
• 0 – 6 bln: 2,5 cm/bln hingga rata-rata 63,8 cm
• 6 – 12 bln: meningkat 50 %, hingga rata-rata 72,5 cm 
b. Berat badan
• 0 – 6 bln: bertambah 650 gr/bln, rata-rata 6 bln adalah 7,3 Kg
• 6 – 12 bln: bertambah 341 gr/bln, rata-rata 12 bln 9,8 Kg

Perkembangan Motorik
• Motorik Kasar
• Memutar kepala dari sisi satu ke sisi yg lain
• Mengangkat kepala di usia 3 bln
• Berguling sekitar usia 5 bln
• Duduk bersandar di usia 7 bln
• Duduk tanpa ditopang di usia 8 bln
• Naik untuk berdiri di usia 9 bln
• Berjalan merambat pd usia 10 bln
• Berjalan dengan bantuan sso pd usia 12 bln 
• Motorik Halus
• Genggaman yg kuat di usia 1 bln, refleks ini menghilang sktr 3 bln
• Menggenggam scr sadar pd usia 5 bln
• Memindahkan barang dari tangan 1 ke yg lain di usia 5 bln
• Menggenggam dg ibu jari dan jari lain di usia 7 – 8 bln
• Gerakan menjepit di usia 9 – 10 bln
• Membangun menara dua blok di usia 12 bln

Perkembangan Psikososial 
Menurut Erickson : Masa “Percaya vs tidak percaya”
Bayi sudah terbentuk rasa percaya kepada seseorang baik orang tua maupun orang yang mengasuhnya ataupun tenaga kesehatan yang merawatnya. Kegagalan pada tahap ini apabila terjadi kesalahan dalam mengasuh atau merawat maka akan timbul rasa tidak percaya.

Menurut Freud : Tahap Oral
Pada masa ini kepuasan dan kesenangan, kenikmatan dapat melalui dengan cara menghisap, menggigit, mengunyah atau bersuara, ketergantungan sangat tinggi dan selalu minta dilindungi untuk mendapatkan rasa aman. Masalah yang diperoleh pada tahap ini adalah menyapih dan makanan.

Perkembangan Kognitif 

Menurut Piaget : Tahap sensori motoric (0-2 thn)
Anak mempunyai kemampuan dalam mengasimilasi dan mengakomodasi informasi dengan cara melihat, mendengar, menyentuh dan kativitas motorik. Semua gerakan akan diarahkan ke mulut dengan merasakan keingintahuan sesuatu dari apa yang dilihat, didengar, disentuh dll.

Pertumbuhan Dan Perkembangan Usia Toddler

Pertumbuhan
a. Tinggi Badan
Rata-rata bertambah 7,5 cm/tahun, di usia 2 th sekitar setengah dari tinggi badan org dewasa
b. Berat Badan
Rata-rata bertambah 1,8 – 2,7 kg/th, pd usia 2,5 th mencapai 4 x berat lahir.

Perkembangan Motoric
Motorik Kasar
• Berjalan tanpa bantuan di usia 15 bln
• Menaiki tangga dg berpegangan pd satu tangan di usia 18 bln
• Melompat dengan 2 kaki pd usia 30 bln
Motorik Halus
• Membangun menara 2 blok dan mencorat-coret secara spontan di usia 15 bln
• Membangun menara 3 – 4 blok di usia 18 bln

Perkembangan Psikososial
Menurut Erikson: Otonomi vs Rasa ragu
Anak sudah mulai mencoba dan mandiri dalam tugas tumbuh kembang seperti kemampuan motorik dan bahasa. Pada tahap ini jika anak tidak diberikan kebebasan anak akanmerasa malu.

Perkembangan Kognitif
Menurut Piaget: Tahap sensorimotorik
Menurut Freud: Tahap Anal
Kepuasan pada fase ini adalah pada pengeluaran tinja.Anak akan menunjukkan keakuannya dan sikapnya sangat narsistik yaitu cinta terhadap dirinya sendiri dan sangat egosentrik, mulai mempelajari struktur tubuhnya. Masalah pada saat ini adalah obesitas, introvet, kurang pengendalian diri dan tidak rapi.
Pertumbuhan dan perkembangan Anak Preschool
Tinggi badan, pertambahan sekitar 6 – 7,5 cm/th dan pada usia 4 tahun sekitar 101,25 cm. 
Berat badan bertambah sekitar 2,3 kg/th dan di usia 4 tahun mencapai rata-rata 16,8 Kg.

Perkembangan Motorik Kasar
• Usia 3 tahun: mulai mengendarai sepeda roda tiga, menaiki tangga dengan kaki yang bergantian, berdiri satu kaki dalam beberapa detik, melompat dengan jarak yang lebar.
• Usia 4 tahun: melompat dengan satu kaki, menangkap bola, menuruni tangga dengan kaki yang bergantian
• Usia 5 tahun, anak dapat melempar dan menangkap bola, melangkah dengan mata tertutup, melompati tali.
Perkembangan Motorik Halus
• Usia 3 tahun: dapat membuat menara dari 9 – 10 balok, meniru lingkaran, dan meniru garis silang.
• Usia 4 tahun: anak belajar menalikan sepatunya, meniru gambar kotak, menggambar bentuk.
• Usia 5 tahun: anak bisa mengikat tali sepatunya, menggunakan gunting dengan baik, meniru gambar segitiga, menulis beberapa kata dan angka juga nama panggilannya.

Perkembangan Bahasa
• Usia 3 tahun, anak dapat mengucapkan 900 kata, menggunakan 3 – 4 kalimat. 
• Usia 4 tahun menguasai 1500 kata, bercerita, menyanyikan lagu, di usia ini anak banyak menggunakan kata “kenapa”.
• Usia 5 tahun anak menguasai 2100 kata, mengenal warna, nama-nama hari dalam seminggu, dan nama bulan.

Perkembangan Kognitif
Menurut Piaget, ada dlm fase pemikiran preoperasional, anak mulai menggunakan klasifikasi sederhana, menghubungkan satu peristiwa dengan peristiwa yang lain.

Perkembangan Psikososial
Menurut Erikson, ada dalam tahap “Initiative VS Guilt” . Anak akan mulai inisiatif dalam belajar mencari pengalaman baru secara aktif dalam aktivitasnya. Apabila pada tahap ini anak dilarang akan timbul rasa bersalah.

Perkembangan Psikososial
Menurut Freud, pada tahap Phalik kesenangan anak berpusat pada genitalia. 
Fase Oedipal terjadi ditandai dengan rasa bersaing dengan orang tua yang sama jenis kelaminnya dan lebih dekat dengan orang tua yang berbeda jenis kelaminnnya. 

Pertumuhan Dan Perkembangan Anak Usia School

Pertumbuhan
Rata-rata TB bertambah 5 cm/tahun, dan BB bertambah 2 – 3 kg/tahun.

Perkembangan Motorik
Motorik kasar : mengendarai sepeda, bersepatu roda atau menggunkan skateboard, peningkatan yang progresif dalam keterampilan melompat, berlari, dan berenang.
Motorik halus : menulis dengan baik, menulis kalimat. Mereka memiliki kemampuan yang lebh baik dalam keterampilan tangan, dan mulai bisa mengoperasikan komputer.

Perkembangan Bahasa
Usia 7-9 tahun anak sudah dapat berkomunikasi dengan pola pembicaraan orang dewasa, Belajar menyusun kata-kata menjadi struktur kalimat yang baik.

Perkembangan Kognitif
Usia 7 – 11 tahun menurut Piaget berada pada tahap “Concrete Operations”, ditandai dengan anak dapat membuat alasan yang induktif, kegiatan operasional logik, dan pemikiran konkrit. Aktivitas yang khusus pada anak ini adalah mengumpulkan dan mengoleksi benda-benda seperti boneka, kelereng.

Perkembangan Psikososial
Tahap “Industri VS Inferiority”. Hal penting untuk anak adalah lingkungan sekolah. 
“Industri” anak ditunjukkan dengan adanya keinginan untuk mencapai sesuatu yang nyata, belajar bagaimana berkompetisi dengan orang lain dan bagaimana cara meraih sesuatu. Rasa “Inferiority” dirasakan ketika anak tidak dapat meraih apa yang mereka inginkan.

Perkembangan Psikoseksual
Freud : usia 5 – 12 tahun relatif tidak memperhatikan masalah seksual sebelum masa pubertas atau dewasa Selama masa ini, pengembangan harga diri sejalan dengan peningkatan keingintahuan dalam hal konsep dan nilai-nilai.

Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Remaja

Pertumbuhan
Pada usia remaja sekitar 20 – 25 % tinggi badan untuk orang dewasa sudah diraih. Berat badan selama masa remaja sudah mencapai 30 – 50 % berat orang dewasa.
Motorik kasar sudah mencapai level orang dewasa dan motorik halus dilanjutkan untuk menjada lebih baik.

Perkembangan Kognitif
Menurut Piaget, usia 11 – 15 tahun, memasuki masa perkembangan operasional formal, anak mengembangkan alasan-alasan yang abstrak. Anak mengembangkan pendekatan yang sistematis pada saat menyelesaikan masalah.

Perkembangan Psikososial
Pada masa ini yang menjadi hal penting adalah kelompok teman sebaya. Mereka mengembangkan konsep diri dan peran yang dapat diaplikasikan.

Psikoseksual
Konsentrasi inti pada masa ini termasuk perkembangan gambaran diri dan penerimaan dari teman yang berlainan jenis kelamin.



Artikel Terkait


EmoticonEmoticon