Tuesday, October 24, 2017

MANFAAT KOPI BAGI KESEHATAN

manfaat kopi bagi kesehatan dan kecantikan tubuh

Apa yang terlintas dibenak kita ketika mendengar kata kopi.? Pastinya yang terlintas adalah “PAHIT” bukan.? Benar sekali memang kopi itu rasanya pahit. Dibalik rasanya yang pahit ternyata terdapat manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh kita. 

Di Indonesia sendiri meminum kopi sudah menjadi sebuah kebiasaan tersendiri bagi setiap orang, bahkan di Indonesia meminum kopi sudah merupakan tradisi yang unik.

Sebelum kita mengetahui manfaat apa saja yang terdapat pada kopi untuk tubuh kita, terlebih dahulu saya akan sedikit mengulas kandungan-kandungan yang ada pada kopi.

1. Kafein
Kopi adalah salah satu tanaman yang memiliki kandungan kafein yang paling sering dinikmati oleh manusia.

2. Air
Air atau H2O adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kopi, kandungan kimiawi yang satu ini adalah bagian yang penting bagi tubuh, karena 70% tubuh adalah air dan meskipun kandungan air didalam kopi terkadang tidak digunakan. 

3. Ethyphenol
Zat yang satu ini mungkin asing bagi kita, namun zat ini seperti adalah aroma khusus pada kopi zat ini mirip dengan tar dan mengandung pheromone.

4. Quinic Acid
Rasa asam pada kopi ditentukan pada jumlah zat yang satu ini, kadar quinic acid pada kopi terkadang jumlahnya berbeda-beda, zat ini digunakan dalam ilmu kedokteran sebagai bahan pembuatan obat flu.

5. Dicaffeoylquinic Acid
Zat ini adalah salah satu zat antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas.

6. Dimethyl Disulfide
Pada biji kopi yang masih hijau atau belum dikeringkan dan di sangrai, kandungan senyawa ini termasuk senyawa yang banyak, zat ini lah yang membuat kotoran manusia berbau, mirip dengan senyawa sulfur.

7. Acetylmethylcarbinol
Zat ini adalah zat yang membuat kopi terasa gurih di lidah, zat ini banyak ditemukan pada mentega.

8. Putrescine
Zat yang dihasilkan oleh bakteri E.Coli ini adalah bakteri yang membuat sesuatu menjadi busuk, zat ini adalah hasil dari pembusukan dari bakteri tersebut.

9. Trigonelline
Zat ini adalah zat yang dapat melindungi gigi, zat ini yang membuat gigi peminum tidak gampang berlubang.

10. Niacin
Zat yang satu ini adalah senyawa yang kurang baik bagi tubuh, karena senyawa ini dapat menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh.

Selain kandungan-kandungan di atas di bawah ini terdapat gambar informasi gizi pada kopi. 
manfaat kopi bagi kesehatan

Setelah kita mengetahui kandungan-kandungan yang terdapat pada kopi, dibawah ini saya akan menjelaskan manfaat kopi bagi kesehatan. Diantaranya :

1. Kopi dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzhaimer
 
2. Kopi dapat mengurangi resiko terkena pengakit Parkinson.
 
3. Kopi dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek manusia 
Hal ini terutama disebabkan karena kafein yang dikandungnya bereaksi secara kimia menstimulasi dan membantu kita untuk menangkap dan fokus terhadap informasi yang diterima lebih baik untuk jangka pendek tertentu.

4. Kopi dapat membantu meredakan sakit kepala
Kandungan kafein dapat membantu meningkatkan efek obat-obatan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit sementara seperti aspirin, midol dan excedrin. Banyak dari obat sakit kepala dan migran mengandung kafein dalam jumlah kecil. Menurut Seimur Damond, M.D, dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic. Bahwa kandungan kafein pada kopi dapat mengurangi derita sakit kepala. Penderita sakit kepala atau migran ringan terbukti dapat disembuhkan dengan meminum secangkir kopi pekat. 

5. Kopi merupakan efektif antioksidan.
 
6. Kopi merupakan diuretic yang baik. 
Minum kopi membuat orang lebih sering buang air kecil. Ini bagus untuk membantu tubuh membuang semua zat-zat ataupun kandungan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh.

7. Kopi juga membantu mengurangi resiko terkena Batu ginjal.
 
8. Kopi Dapat Mencegah Timbulnya Penyakit Jantung atau Stroke
Kandungan dalam kopi dapat menghidarkan dari kita dari penyakit serangan jantung bahkan hingga stroke, Sebuah studi atas lebih dari 83.000 wanita berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan mereka yang minum dua sampai tiga cangkir kopi sehari memiliki risiko terkena stroke 19% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak minum kopi. Studi terhadap sejumlah pria di Finlandia menunjukkan hasil sama

9. Kopi Dapat Mencegah Penyakit Kanker & Diabetes
Dari hasil riset oleh peneliti di seluruh dunia didapatkan hasil bahwa penyakit kanker hati, kanker payudara serta kanker usus besar dapat dicegah dengan cara mengonsumsi kopi. Studi penelitian lain telah menemukan bahwa kopi dapat mengurangi tingkat gula darah pada pasien diabetes. Karena kandungan kopi dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh, selain itu manfaat kopi juga dapat mengurangi risiko penyakit serius seperti batu empedu, penyakit Parkinson, penyakit jantung, sirosis hati dan lain sebagainya.
Dua puluh studi di seluruh dunia menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 50%. Para peneliti menduga penyebabnya adalah kandungan asam klorogenik dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga membantu memperlambat penyerapan glukosa.

Selain manfata untuk kesehatan, kopi juga bermanfaat untuk kecantikan diantaranya :

1. Masker wajah
Sering sekali kita mendengar bahwa kopi juga bisa di pakai untuk scrub, banayak sekali salon-salon kecantikan yang menggunakan kopi untuk scrub atau masker wajah, kegunaannya yaitu untuk mengencangkan kulit dan mengangkat sel kulit mati serta bisa digunakan untuk anti mikroba untuk pembersih wajah.

2. Perawatan kulit kepala
Selain digunakan sebagai masker wajah, ternyata kopi juga bisa digunakan untuk perawatan kulit kepala. Menurut penelitian kandungan kafein pada kopi menjadikannya sebagai anti kerontokan. Antioksidan disini yang berperan aktif untuk menjaga kulit kepala.

3. Manicure dan pedicure
Pasti sudah pada tahu kalo sering pergi kesalon, Aromaterapik bubuk kopi membantu membersihkan siku hitam dan tumit kaki yang retak.

Wah banyak sekali bukan manfaat dari kopi itu, selain bermanfaat bagi kesehatan ternyata kopi juga bermanfaat bagi kecantikan tubuh kita. Selama kita memanfaatkannya secara baik dan benar, insyaalloh kita bisa menikmati khasiatnya. Walaupun makanan atau minuman yang sehat,  apapun itu kalau kita menggunakannya salah, serta berlebihan maka bukan lagi manfaat yang kita dapat melainkan madorot.

Tips meminum kopi :
1. Minumlah kopi maksimal 2 gelas per hari
2. Gunakan sedikit gula, dan hindari pemanis buatan
3. Usahakan perut tidak kosong

Bagi yang mempunyai riwayat penyakit lambung, vertigo kolestrol dan darah tinggi sebaiknya jangan terlalu sering meminum kopi. Meminum kopi secara berlebihan sangat berisiko, terutama bagi anda yang telah memiliki berbagai masalah penyakit kronis.

Demikianlah sedikit penjelasan tentang manfaat serta kegunaan kopi bagi tubuh kita, mudah-mudahan bisa bermanfaat…..

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon